Home / Kegiatan / Bercakap dengan Siswa

Bercakap dengan Siswa

Bahasa merupakan alat yang penting dalam berkomunikasi. Melalui bahasa seseorang dapat mengembangkan kemampuan sosialnya, begitu juga dengan anak, ketika anak dapat mengembangkan bahasanya ia dapat mengungkapkan perasaanya sehingga pikirannya dapat ditangkap oleh orang lain. Pengembangan bahasa sangat dibutuhkan oleh seorang anak terutama di usia 4 – 6 tahun. Karena dengan bahasa ia dapat mempelajari pengetahuan – pengetahuan yang lain. Anak akan dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang penngucapan bunyi, menulis, membaca yang akan mendukung di tingkt keaksaraan yang lebih tinggi.

Mengajarkan bahasa sejak dini akan memudahkan bagi anak karena masa ini merupakan masa emas anak sehingga anak begitu cepat menerima banyak kosa kata baru.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendukung kemampuan bahasa anak yaitu dengan sering mengajak anak bercakap – cakap. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan kecakapan dan kemampuan anak dalam menyampaikan pendapat kepada siapa pun, memberi kesempatan kepada anak untuk berekspresi secara lisan, memperbaiki lafal dan ucapan anak, menambah perbendaharaan kosa kata, melatih daya tangkap, melatih daya fikir dan fantasi anak, menambah pengetahuan dan pengalaman anak, merangsang anak untuk belajar membaca dan menulis.
Ada beberapa bentuk kegiatan bercakap – cakap, yang pertama bercakap – cakap bebas, dalam kegiatan bercakap cakap bebas ini anak dan teman sebaya maupun orang dewasa (guru/orangtua) melakukan percakapan dimanapun dan dalam waktu kapanpun, artinya kita dapat memancing anak mengemukakan pendapatnya saat anak sedang bermain, makan, atau menonton film kesukaanya. Atau sebagai orang dewasa kita dapat mengajak anak bermain dengan teman sebayanya, sehingga dapat terjadi sebuah percakapan antara anak satu dengan anak lainnya.
Bentuk yang kedua ada bercakap cakap dengan tema tertentu. Seperti hal nya dengan bentuk yang pertama namun pada bentuk bercakap – cakap yang kedua ini tema yang dibahas sudah di tentukan sehingga tidak akan keluar dari jalurnya, misalnya ketika membahas tema profesi maka kita dapat bercakap – cakap tentang berbagai macam profesi serta cita – cita anak. Seperti pada kegiatan di gambar ini, anak – anak berkomunikasi dengan menggunakan telepon sederhana yang terbuat dari gelas air mineral bekas dengan tema alat komunikasi. Anak – anak berkomunikasi dengan teman sebayanya.
Yang terakhir ada bentuk bercakap cakap dengan menggunakan gambar. Inti kegiatan yang dilakukan sama namun pada kegiatan ini dengan menggunakan media gambar. Anak membahas gambar yang ada di flashcard, sehingga anak juga akan belajar mengamati gambar dan menceritakannya, sebagai orang dewasa kita dapat memancing anak dengan pertanyaan – pertanyaan tentang gambar di flashcard.
Dengan salah satu cara yang disebutkan diatas mengenai perkembangan bahasa anak dengan cara bercakap – cakap diharapkan kita dapat menstimulasi sejak dini kemampuan berbahasanya sehingga dapat berkembang dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *