Home / Kegiatan / Mengenal Bilangan Melalui Permainan

Mengenal Bilangan Melalui Permainan

Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak-anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui permainan berhitung. Permainan berhitung dalam hal ini permainan kartu angka terhadap kemampuan konsep angka di PG (Play group) tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental dan emosional, karena itu dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara menarik, bervariasi dan menyenangkan.
Permainan berhitung merupakan bagian dari matematika, diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari – hari, terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar.
Bermain kartu angka adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan. Dengan bermain kartu angka anak akan lebih mudah memahami bilangan. Setidaknya mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan media bermain kartu angka untuk mengembangkan kemampuan bilangan pada anak serta dapat mudah mengenali konsep bilangan dikarenakan metode yang diberikan lebih menarik. Dengan menggunakan media yang berbeda yaitu dengan penggunaan permainan kartu angka diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan konsep membilang angka pada anak usia Play group.
Dalam permainan kartu angka ini anak dapat,

1. Berfikir logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda – benda kongkrit, gambar – gambar atau angka – angkayang terdapat disekitar anak.
2. Mampu mengenal dan memahami konsep bilangan, transisi dan lambang sesuai dengan jumlah benda, pengenalan bentuk lambang dan dapat mencocokkan sesuai dengan lambang bilangan.
3. Memiliki ketelitian, konsentrasi, abstraksi dan daya apresiasi yang tinggi.
4. Memiliki kreativitas dan imajinasi dalam menciptakan sasuatu secara spontan.

Buku kegiatan siswa sangat membantu untuk mengetahui perkembangan anak serta ditunjang dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam hal ini media kartu angka. Pengenalan dini permainan berhitung permulaan di Play Group perlu dilakukan untuk menjaga terjadinya masalah kesulitan belajar karena belum menguasai konsep berhitung.Secara umum mengembangkan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan berhitung dengan media kartu angka di Play Group, untuk mengetahui dasar – dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya yang lebih kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *